Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Filter Air Sumur di Indonesia, Kenali Teknologinya

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang teknologi filter air sumur di Indonesia, ada baiknya kita mengenal latar belakang sitem perundangan terlebih dahulu.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air, Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.

Air tanah dangkal atau biasa dikenal dengan air sumur adalah air yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia untuk keperluan rumah tangga, mulai dari pedesaan hingga perkotaan masih banyak yang menggunakan air sumur sebagai sumber utama air untuk dikonsumsi.

Air sumur berasal dari air hujan yang merembes masuk ke dalam tanah, oleh sebab itu air sumur atau air tanah rentan terkontaminasi polutan. Mayoritas pencemaran air tanah terjadi akibat produk manusia seperti bensin, deterjen, minyak, dan bahan kimia yang mengandung zat yang berbahaya masuk ke air tanah sehingga air menjadi tidak layak dikonsumsi.

Air yang terkontaminasi jika diminum akan berdampak negatif pada kesehatan. Banyak penyakit-penyakit berbahaya yang berasal dari air yang terkontaminasi seperti hepatitis, disentri, diare, bahkan kanker jika dikonsumsi jangka panjang.

Filter air sumur dapat menjadi solusi untuk menghasilkan air bersih di daerah-daerah yang belum tersedia akses air bersih dari sistem distribusi air bersih. Di Indonesia, penggunaan sumur bor sangat umum terutama di daerah pedesaan yang belum memiliki infrastruktur yang memadai untuk menyediakan akses air bersih.

Filter air sumur dapat menyaring partikel-partikel kotoran seperti pasir, lumpur, dan karat yang terkandung di dalam air sumur.

Ada beberapa jenis filter air sumur yang tersedia di pasaran, mulai dari filter sederhana hingga filter dengan teknologi yang lebih canggih. Salah satu jenis filter air sumur yang populer di Indonesia adalah filter air berteknologi Bio-Sand. Filter ini bekerja dengan membiarkan air mengalir melalui lapisan pasir, kerikil, dan media bio yang dapat menghilangkan kotoran serta mengurangi kandungan logam berat seperti besi dan mangan.

Selain filter air berteknologi Bio-Sand, ada juga filter air sumur yang menggunakan teknologi Reverse Osmosis (RO). Teknologi RO bekerja dengan memaksa air melalui membran semipermeabel untuk menghilangkan ion-ion logam berat dan partikel organik dalam air. Namun, teknologi RO memerlukan biaya instalasi dan pemeliharaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan filter air sumur Bio-Sand.

Penting untuk memilih jenis filter air sumur yang tepat untuk kondisi lingkungan dan kebutuhan rumah tangga. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa air yang digunakan sehari-hari bersih dan aman untuk dikonsumsi. Dalam penggunaan filter air sumur, perlu juga untuk dilakukan perawatan rutin seperti membersihkan dan mengganti media filtrasi secara berkala.

PT Tirta Teknosys sangat berpengalaman di bidang kesehatan (healthcare) lebih dari tujuh belas tahun. Lingkup usaha Tirta Teknosys di bidang kesehatan diantaranya adalah Water Treatment dan alat kesehatan hemodialisa. PT Tirta Teknosys mampu merancang dan mengaplikasikan sebuah sistem water treatment sesuai kebutuhan mulai dari air minum, CSSD, Lab, hemodialisa dan lain-lain. Baik untuk industrial, residential maupun komersial.

Kami memiliki produk mesin cuci ulang dialyzer otomatis Renalpro R-104 dan R-404 yang telah memiliki izin edar dengan TKDN >25%.

PT Tirta Teknosys memiliki tenaga kerja yang profesional serta berpengalaman dibidangnya, Kami mengikuti standar kesehatan internasional Association for the Advancement of Medical Instrumentation (AAMI) dan menjadi anggota di dalamnya sejak 2014.

PT Tirta Teknosys telah tersertifikasi mutu ISO 9001:2015, ISO 13485:2016 terakreditasi KAN dan Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB). PT Tirta Teknosys juga menjadi anggota GAPENSI sejak tahun 2010, GAKESLAB dan ASPAKI sejak 2022.

Kesimpulannya adalah Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah. Air tanah diisi ulang melalui hujan dan mudah terkontaminasi yang jika dikonsumsi jangka panjang tanpa diolah terlebih dahulu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diare, hepatitis dan kanker. Oleh sebab itu perlu filter air untuk menghilangkan zat berbahaya yang ada di dalam air seperti zat kimia dan lain-lain beberapa produk filter air yang populer digunakan adalah filter air Biosand dan Reverse Osmosis.

Pilih Bahasa

Choose Languange