Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Mengenal IPAL dan Pentingnya Penggunaannya dalam Lingkungan

Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL adalah sistem pengolahan air yang dirancang untuk menghilangkan kontaminan dari air limbah sebelum dikembalikan ke lingkungan. Berdasarkan PERMEN Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Baku Mutu Air Limbah, air limbah adalah sisa dari suatu usaha dan atau kegiatan yang berwujud cair.

Air limbah merupakan sisa air yang digunakan di dalam rumah tangga, komersial, atau industri yang mengandung kontaminan seperti bahan kimia, logam, bakteri, dan zat organik yang dapat berdampak negatif pada lingkungan dan manusia jika dibuang tanpa diolah terlebih dahulu. Sumber air limbah terbagi menjadi dua yaitu rumah tangga (domestik) dan industri (industry).

Limbah domestik adalah limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga yang biasanya terdiri dari tiga sumber limbah yaitu tinja (faeces) yang dapat mengandung mikroba patogen. Kedua air seni (urine) yang mengandung Nitrogen dan Fosfor dan kemungkinan mengandung mikroorganisme. Terakhir Grey Water (Sullage), yaitu air bekas cucian dan kamar mandi yang mengandung deterjen.

Sedangkan limbah industri adalah air limbah yang tercipta dari kegiatan industri mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Zat-zat yang terkandung dalam limbah industri sangat beragam sesuai dengan kegiatan dan pemakaiannya di bidang industri apa, oleh sebab itu dampak yang ditimbulkan umumnya lebih berbahaya dibanding limbah domestik karena bergantung pada zat yang terkandung didalamnya.

Air limbah sangat berbahaya jika langsung dibuang ke lingkungan tanpa diolah terlebih dahulu, karena dapat merusak lingkungan dan kesehatan makhluk hidup. Namun air limbah juga akan sangat bermanfaat apabila diolah dengan baik dan dapat memberikan keuntungan. Diantaranya adalah:

  1. Mencegah pencemaran lingkungan
    IPAL mencegah pencemaran lingkungan dengan menghilangkan kontaminan dari air limbah sebelum dibuang ke lingkungan. Dengan menggunakan pengolahan air limbah, Anda dapat memastikan bahwa air limbah yang dibuang dari rumah tangga atau tempat kerja Anda aman dan tidak berdampak negatif pada lingkungan.
  1. Menjaga kesehatan dan keselamatan
    Dengan mengolah air limbah sebelum dibuang dapat membantu menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Kontaminan dalam air limbah dapat berdampak buruk pada kesehatan makhluk hidup dan lingkungan, oleh karena itu pengolahan air limbah sangat berperan untuk menghilangkan kontaminan agar tidak merusak lingkungan.
  1. Berperan dalam menjaga lingkungan yang sehat
    Dengan menggunakan IPAL, Anda dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Dengan mengolah air limbah sebelum dibuang ke lingkungan, IPAL dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Setelah mengetahui apa itu IPAL dan manfaatnya, selanjutnya adalah bagaimana cara memilih IPAL yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menginstal sistem IPAL.

  1. Kapasitas
    Pastikan Anda memilih IPAL yang memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan air limbah di rumah tangga (domestik) atau industri. Spesifikasi yang tepat akan menghemat biaya dan lebih efektif dalam mengolah air limbah nantinya.
  1. Kualitas IPAL
    Pastikan Anda memilih perusahaan untuk instalasi IPAL  yang kredibel dan berpengalaman. Perusahaan yang dapat membuat sistem IPAL berkualitas tinggi agar hasil pengolahan air limbah optimal dan efektif.
  1. Perawatan dan Harga
    Pilihlah sistem IPAL yang sesuai dengan anggaran Anda dan memiliki biaya operasional yang terjangkau. Sistem IPAL yang mudah dirawat dan berkualitas.

PT TIrta Teknosys bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk instalasi sistem IPAL. Memiliki tenaga kerja yang profesional ditambah dengan tersertifikasinya mutu menjadikan Tirta Teknosys sebagai perusahaan yang memiliki kualitas produk terbaik.

PT Tirta Teknosys berpengalaman di bidang pengolahan limbah lebih dari tiga puluh tahun. Kami sangat berpengalaman dalam pembuatan sistem pengolahan air limbah atau IPAL, baik untuk keperluan domestik maupun industri. Kami sangat menjamin kredibilitas, kualitas, layanan servis 24 jam.  Dibuktikan dengan sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 13485:2016 yang terakreditasi KAN yang kami miliki.

Kesimpulannya IPAL adalah sistem pengolahan air limbah yang berfungsi untuk mengolah air limbah sebelum dibuang ke lingkungan. Dengan memilih sistem IPAL yang tepat, Anda dapat memperoleh manfaat mencegah pencemaran lingkungan dan berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

Pilih Bahasa

Choose Languange