Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Meningkatkan Daya Saing Industri Dalam Negeri Dengan Implementasi TKDN Industri

Indonesia sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dengan lebih dari 270 juta jiwa, sangat berpotensi besar untuk mengembangkan industri. Dibuktikan dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan luar negeri yang berinvestasi di Indonesia dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

Namun, untuk memastikan bahwa pertumbuhan industri Indonesia berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat lokal, Pemerintah sudah melakukan beberapa upaya meningkatkan mutu dan kualitas produk dan jasa di dalam negeri salah satunya adalah program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

TKDN merupakan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kontribusi industri dalam negeri pada produksi suatu barang atau jasa. TKDN mensyaratkan bahwa setiap perusahaan harus memenuhi persentase tertentu dalam hal penggunaan bahan baku, teknologi, dan tenaga kerja lokal dalam produksi mereka.

Implementasi TKDN Indonesia sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada impor, meningkatkan kemandirian industri dalam negeri, dan meningkatkan perekonomian. Dengan memperkuat industri dalam negeri, Indonesia dapat menghasilkan produk berkualitas yang memenuhi standar internasional, dengan begitu produk lokal mampu bersaing di pasar global.

Implementasi TKDN tidak selalu mudah dilakukan. Beberapa kendala yang dihadapi diantaranya adalah keterbatasan infrastruktur dan kemampuan sumber daya manusia yang terbatas. Oleh karena itu, Pemerintah dan pelaku industri perlu bekerja sama untuk memastikan bahwa TKDN dapat dilaksanakan secara efektif.

Kita sebagai konsumen juga dapat berkontribusi pada implementasi TKDN dengan cara membeli produk-produk lokal yang memenuhi persyaratan TKDN. Dengan memilih produk-produk yang memenuhi TKDN, kita dapat membantu meningkatkan daya saing industri dalam negeri dan membantu menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat lokal.

Dalam mengimplementasikan TKDN di Indonesia, Pemerintah juga harus memperhatikan pengembangan teknologi dan inovasi yang terus berkembang. Dengan cara meningkatkan kerjasama dengan lembaga penelitian dan pengembangan serta perusahaan swasta dalam mengembangkan teknologi dan inovasi yang dapat membantu meningkatkan kualitas produk dalam negeri.

Dalam rangka meningkatkan implementasi TKDN di Indonesia, diperlukan upaya yang berkelanjutan dari semua pihak terkait. Dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat, Indonesia dapat mencapai tujuan untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri dan dapat memperkuat perekonomian nasional.

PT Tirta Teknosys adalah salah satu perusahaan dalam negeri yang terdaftar TKDN dengan persentase lebih dari 25% pada tiap produknya mulai dari reverse osmosis, cairan kimia, hingga alat cuci dialyzer otomatis yang diproduksi di dalam negeri. Baik bahan-bahannya hingga sumber daya manusianya berasal dari dalam negeri.

PT Tirta Teknosys juga memiliki sertifikasi mutu ISO 9001: 2015, ISO 13485: 2016 yang terakreditasi KAN dan CDAKB (Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik).

Termasuk ke dalam anggota Water Quality Association sejak tahun 1989, American Water Works Association sejak 1990, GAPENSI sejak 2010, AAMI sejak 2014, GAKESLAB Indonesia dan ASPAKI sejak 2022.

Pilih Bahasa

Choose Languange