Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Meningkatkan Kepatuhan dengan Audit TKDN di Indonesia

Indonesia memiliki aturan TKDN yang ketat untuk memastikan bahwa produk yang dijual di pasar domestik memenuhi standar komponen dalam negeri yang ditetapkan. Cara memastikan bahwa perusahaan benar-benar memenuhi persyaratan TKDN adalah dengan melakukan audit TKDN.

Audit TKDN adalah proses pemeriksaan independen yang dilakukan oleh pihak ketiga terhadap produk atau layanan perusahaan untuk memverifikasi kepatuhan TKDN. Audit ini dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana perusahaan memenuhi persyaratan TKDN dan apakah perusahaan telah menjalankan prosedur pengukuran dan perhitungan TKDN secara benar dan sesuai.

Audit TKDN dilakukan oleh auditor independen yang memiliki sertifikasi resmi dari Kementerian Perindustrian. Auditor melakukan pemeriksaan kepatuhan TKDN dengan melakukan peninjauan dokumen, pengambilan sampel, dan inspeksi lapangan. Auditor akan mengevaluasi ketersediaan dokumen yang dibutuhkan, seperti laporan TKDN, faktur, dan sertifikat asal barang.

Hasil audit tersebut digunakan untuk memberikan rekomendasi bagi perusahaan tentang area yang harus diperbaiki dan perbaikan apa yang harus dilakukan. Hasil Audit ini juga dapat membantu perusahaan memperbaiki prosedur pengukuran dan perhitungan TKDN sehingga dapat memastikan kepatuhan TKDN yang lebih baik di masa depan.

Pemeriksaan ii dapat membantu perusahaan dalam proses pengajuan sertifikasi TKDN. Perusahaan yang telah lolos audit TKDN dapat dengan mudah mengajukan sertifikasi TKDN kepada Badan Sertifikasi TKDN di Kementerian Perindustrian.

Dalam rangka memastikan bahwa produk yang dijual di pasar domestik memenuhi persyaratan TKDN, audit TKDN adalah langkah penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Selain membantu perusahaan memastikan kepatuhan TKDN, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan yang dihasilkan oleh perusahaan.

PT Tirta Teknosys adalah salah satu perusahaan dalam negeri yang terdaftar TKDN dengan persentase lebih dari 25% pada tiap produknya mulai dari reverse osmosis, cairan kimia, hingga alat cuci dialyzer otomatis yang diproduksi di dalam negeri. Baik bahan-bahannya hingga sumber daya manusianya berasal dari dalam negeri.

PT Tirta Teknosys juga memiliki sertifikasi mutu ISO 9001: 2015, ISO 13485: 2016 yang terakreditasi KAN dan CDAKB (Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik).

Termasuk ke dalam anggota Water Quality Association sejak tahun 1989, American Water Works Association sejak 1990, GAPENSI sejak 2010, AAMI sejak 2014, GAKESLAB Indonesia dan ASPAKI sejak 2022.

Dari uraian tersebut, diketahui bahwa audit TKDN adalah proses penting dalam memastikan kepatuhan TKDN di Indonesia. Ia dapat membantu perusahaan memperbaiki prosedur pengukuran dan perhitungan TKDN, memastikan kepatuhan TKDN, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan yang dihasilkan oleh perusahaan.

Pilih Bahasa

Choose Languange