Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Penerapan Filter Air Industri di Indonesia, Memenuhi Kebutuhan Industri dengan Efektif dan Efisien

Filter air industri adalah salah satu teknologi yang penting dalam pengolahan air untuk keperluan industri. Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi sumber daya air yang cukup besar membutuhkan teknologi filter air yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan industri.

Penerapan filter air industri di Indonesia sangat penting mengingat jumlah industri yang semakin bertambah setiap tahunnya. Filter air industri digunakan untuk memproses air yang berasal dari sumber-sumber air yang bervariasi dan mengandung berbagai jenis kontaminan, seperti logam berat, senyawa organik, dan bakteri. Metode penyaringan ini juga dapat digunakan untuk mengolah air limbah dari proses industri sebelum dibuang ke lingkungan.

Salah satu filter air industri yang banyak digunakan adalah RO atau Reverse Osmosis. Teknologi RO mampu memisahkan partikel padat dan ion-ion yang ada di dalam air, sehingga menghasilkan air yang murni. Filter air RO biasanya digunakan untuk memurnikan air yang digunakan dalam proses produksi, seperti air yang digunakan untuk proses produksi minuman atau farmasi.

Selain teknologi RO, ada juga teknologi filter air lainnya, seperti Ultrafiltrasi (UF), Nanofiltrasi (NF), dan Mikrofiltrasi (MF). Teknologi UF digunakan untuk memurnikan air dari bakteri dan virus, NF digunakan untuk memisahkan zat-zat organik dari air. Teknologi MF digunakan untuk memisahkan partikel-partikel padat dan bakteri dari air.

Penerapan metode penyaringan air di Indonesia harus memperhatikan faktor-faktor seperti biaya, keandalan, dan efisiensi. Beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan bahan baku dan kebutuhan air industri yang berbeda-beda.

Dalam mengaplikasikan teknologi filter air industri, perlu dilakukan pemilihan teknologi filter air yang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan bahan baku yang berkualitas baik. Selain itu, perawatan dan pemeliharaan juga sangat penting untuk menjaga kinerja filter air yang maksimal.

PT Tirta Teknosys sangat berpengalaman di bidang kesehatan (healthcare) lebih dari tujuh belas tahun. Lingkup usaha Tirta Teknosys di bidang kesehatan diantaranya adalah Water Treatment dan alat kesehatan hemodialisa. PT Tirta Teknosys mampu merancang dan mengaplikasikan sebuah sistem water treatment sesuai kebutuhan mulai dari air minum, CSSD, Lab, hemodialisa dan lain-lain. Baik untuk industrial, residential maupun komersial.

Kami memiliki produk mesin cuci ulang dialyzer otomatis Renalpro R-104 dan R-404 yang telah memiliki izin edar dengan TKDN >25%.

PT Tirta Teknosys memiliki tenaga kerja yang profesional serta berpengalaman dibidangnya, Kami mengikuti standar kesehatan internasional Association for the Advancement of Medical Instrumentation (AAMI) dan menjadi anggota di dalamnya sejak 2014.

PT Tirta Teknosys telah tersertifikasi mutu ISO 9001:2015, ISO 13485:2016 terakreditasi KAN dan Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB). PT Tirta Teknosys juga menjadi anggota GAPENSI sejak tahun 2010, GAKESLAB dan ASPAKI sejak 2022.

Dalam rangka menghadapi tantangan masa depan, Indonesia perlu terus mengembangkan teknologi filter air industri yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, diharapkan industri di Indonesia dapat beroperasi dengan lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Pilih Bahasa

Choose Languange