Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Pentingnya Penerapan TKDN Produk di Indonesia

TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) adalah program yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan mengurangi ketergantungan pada impor. Program Tingkat Kandungan Dalam Negeri ini memberikan insentif fiskal bagi perusahaan yang mampu memenuhi persyaratan TKDN yang telah ditetapkan.

Salah satu aspek penting dari program TKDN adalah Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk produk. TKDN produk adalah persentase nilai tambah dalam negeri yang terkandung dalam produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Semakin tinggi tingkat kandungan komponen dalam negeri dari suatu produk, semakin besar pula kontribusi perusahaan terhadap perekonomian dalam negeri.

Penerapan TKDN produk sangatlah penting, karena Indonesia masih mengimpor banyak produk dari luar negeri. Hal ini menyebabkan defisit neraca perdagangan yang cukup besar dan mengurangi daya saing produk dalam negeri.

Dengan mendorong penerapan TKDN produk, diharapkan industri dalam negeri dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, bersaing dengan produk negara lain, dan dapat diekspor ke negara lain.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan tingkat kandungan komponen dalam negeri suatu produk, diantaranya adalah perusahaan harus melakukan investasi di dalam negeri dan memanfaatkan sumber daya lokal sebanyak mungkin. Perusahaan harus menggunakan bahan baku lokal, mempekerjakan tenaga kerja lokal, dan membeli mesin produksi dari produsen lokal. Semakin banyak produk dan jasa dari lokal maka akan semakin besar nilai TKDN-nya.

Pemerintah Indonesia juga telah mengeluarkan regulasi yang menetapkan persyaratan TKDN produk untuk beberapa sektor industri. Misalnya, pada tahun 2023 dalam sektor alat kesehatan, perusahaan harus memenuhi persyaratan TKDN produk minimal 25% – 40% untuk mendapatkan izin impor.

Dalam rangka meningkatkan penerapan TKDN produk di Indonesia, Pemerintah mengadakan program pelatihan dan pendampingan bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kandungan dalam negeri produk mereka. Pemerintah juga memberikan insentif fiskal seperti pemotongan pajak untuk perusahaan yang mampu memenuhi persyaratan TKDN produk.

PT Tirta Teknosys adalah salah satu perusahaan dalam negeri yang terdaftar TKDN dengan persentase lebih dari 25% pada tiap produknya mulai dari reverse osmosis, cairan kimia, hingga alat cuci dialyzer otomatis yang diproduksi di dalam negeri. Baik bahan-bahannya hingga sumber daya manusianya berasal dari dalam negeri.

PT Tirta Teknosys juga memiliki sertifikasi mutu ISO 9001: 2015, ISO 13485: 2016 yang terakreditasi KAN dan CDAKB (Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik).

Termasuk ke dalam anggota Water Quality Association sejak tahun 1989, American Water Works Association sejak 1990, GAPENSI sejak 2010, AAMI sejak 2014, GAKESLAB Indonesia dan ASPAKI sejak 2022.

Dalam era perdagangan global saat ini, penggunaan komponen lokal pada suatu produk menjadi semakin penting. Dengan semakin tingginya tingkat kandungan dalam negeri suatu produk, maka produk dalam negeri akan semakin kompetitif dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar global. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk terus mendorong peningkatan kandungan dalam negeri suatu produk dengan memanfaatkan sumber daya lokal sebanyak mungkin.

Dalam rangka mendorong penerapan TKDN produk di Indonesia, Pemerintah dan perusahaan harus bekerja sama untuk mencapai tujuan ini. Dengan adanya sinergi antara Pemerintah dan perusahaan, diharapkan program TKDN dapat terus berjalan dan membawa manfaat bagi perekonomian dan kemajuan industri nasional.

Pilih Bahasa

Choose Languange