Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Perbedaan Air Minum Kemasan dan RO Drinking Water

Sebelum mengenal lebih dekat tentang RO Drinking Water, ada baiknya kita mengetahui pula latar belakang dan perundangan yang mengatur tentang syarat air yang layak untuk kesehatan.

Berdasarkan PERMENKES RI No. 492 Tahun 2010 air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Banyak merek air minum yang ada di Indonesia dari berbagai sumber air, namun Anda juga dapat memperoleh air minum melalui depot (isi ulang) yang memiliki harga jauh lebih terjangkau dibandingkan air minum bermerek.

Tidak sembarangan orang yang dapat mengolah air biasa menjadi air minum karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum air dapat dikonsumsi, diantaranya adalah syarat fisik, syarat bakteriologis, dan syarat kimia.

Beberapa syarat fisik adalah air tidak berwarna, tidak berbau, tidak memiliki rasa dengan suhu dibawah suhu udara. Syarat bakteriologis adalah air minum tidak terkontaminasi dari beberapa jenis bakteri terutama bakteri yang bersifat patogen. Terakhir syarat kimia adalah air tidak tercemar oleh zat kimia secara berlebihan terutama zat mineral yang berbahaya bagi kesehatan.

Saat ini air kita akan membahas perbedaan air minum kemasan biasa dengan air minum  reverse osmosis. Banyak sekali pertanyaan tentang apa saja perbedaan dan kelebihan dari masing-masing jenis air minum, hal yang paling membedakan adalah unsur kimiawi yang terkandung dalam airnya, proses produksinya dan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut adalah penjelasan perbedaan RO Drinking Water.

  1. Unsur Kimiawi
    Air minum kemasan atau air mineral memiliki banyak unsur yang terkandung didalamnya seperti zat besi, magnesium, kalium dan lain-lain yang sangat baik untuk kesehatan. Sedangkan air minum reverse osmosis hanya memiliki unsur H2O (air) saja. Artinya air minum reverse osmosis tidak memiliki kandungan yang ada pada air mineral karena unsur-unsur tersebut disaring dan dibuang.
  1. Proses Produksi
    Air mineral atau air minum kemasan melalui proses filtrasi atau penyaringan standar dimana jika air yang disaring sebanyak lima liter maka hasil yang telah tersaring juga lima liter. Sedangkan air minum reverse osmosis melalui proses filtrasi yang berbeda dimana air minum RO menggunakan filter bernama Membrane RO yang mampu menyaring bakteri dan unsur-unsur zat seperti mineral dan lain-lain, sehingga jika kita memasukan lima liter air maka yang akan keluar hanya dua atau tiga liter air saja dengan catatan hasil airnya sudah murni dan tidak lagi mengandung mineral, zat besi dan lain-lain.
  1. Manfaat
    Air minum mineral atau air minum dalam kemasan memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh karena mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mineral, zat besi dan lain-lain, namun air mineral RO juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan jauh lebih banyak. Diantaranya adalah:
  1. Memiliki tingkat kejernihan yang lebih baik dibanding air mineral
  2. Ukuran molekulnya yang lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh
  3. Baik untuk ginjal karena kandungan zat padat pada air minum RO terlarut sehingga lebih mudah diolah oleh ginjal
  4. Rasa air lebih ringan

Reverse Osmosis (RO) adalah sebuah teknologi pemurnian air yang cukup terkenal di seluruh dunia. Teknologi ini biasanya digunakan untuk menghasilkan air minum yang sehat dan bersih untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum. RO drinking water adalah hasil dari teknologi Reverse Osmosis yang digunakan untuk memurnikan air sehingga aman untuk diminum.

PT Tirta Teknosys sangat berpengalaman di bidang kesehatan (healthcare) lebih dari tujuh belas tahun. Lingkup usaha Tirta Teknosys di bidang kesehatan diantaranya adalah Water Treatment dan alat kesehatan hemodialisa. PT Tirta Teknosys mampu merancang dan mengaplikasikan sebuah sistem water treatment sesuai kebutuhan mulai dari air minum, CSSD, Lab, hemodialisa dan lain-lain. Baik untuk industrial, residential maupun komersial.

Kami memiliki produk mesin cuci ulang dialyzer otomatis Renalpro R-104 dan R-404 yang telah memiliki izin edar dengan TKDN >25%.

PT Tirta Teknosys memiliki tenaga kerja yang profesional serta berpengalaman dibidangnya, Kami mengikuti standar kesehatan internasional Association for the Advancement of Medical Instrumentation (AAMI) dan menjadi anggota di dalamnya sejak 2014.

PT Tirta Teknosys telah tersertifikasi mutu ISO 9001:2015, ISO 13485:2016 terakreditasi KAN dan Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB). PT Tirta Teknosys juga menjadi anggota GAPENSI sejak tahun 2010, GAKESLAB dan ASPAKI sejak 2022.

Kesimpulannya adalah air minum mineral atau dalam kemasan dan air minum RO sama-sama memiliki kelebihan dan manfaatnya masing-masing. Air mineral baik untuk tubuh begitu juga dengan air RO. Namun yang membedakan adalah tingkat kemurnian dan kandungan didalamnya.

Pilih Bahasa

Choose Languange