Menu

PT. Tirta Teknosys
© Tirta Teknosys 2022

Pertumbuhan Ekonomi Melalui Implementasi TKDN Indonesia

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah sebuah program pemerintah yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri melalui penggunaan produk dalam negeri dan peningkatan nilai tambah lokal. Program ini diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk industri otomotif, telekomunikasi dan energi.

Implementasi TKDN Indonesia dapat menjadi langkah penting dalam memajukan industri di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Indonesia telah mendorong pelaksanaan TKDN dengan memberikan insentif bagi perusahaan yang memenuhi persyaratan TKDN dan mengeksport produk mereka ke luar negeri.

Salah satu manfaat dari implementasi TKDN Indonesia adalah meningkatkan pengembangan industri dalam negeri dan membantu mengurangi ketergantungan pada produk impor. Dalam hal ini, pelaku industri di Indonesia harus mampu menghasilkan produk dengan nilai tambah yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

Selain itu, program TKDN Indonesia dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis mereka melalui transfer teknologi dan peningkatan kerjasama dengan mitra lokal dan internasional. Hal ini akan membantu mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Meskipun demikian, pelaksanaan TKDN di Indonesia juga dihadapkan dengan beberapa tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur dan keterbatasan kemampuan teknis industri dalam negeri. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih besar dalam meningkatkan kapasitas teknis dan sumber daya manusia di dalam negeri.

PT Tirta Teknosys adalah salah satu perusahaan dalam negeri yang terdaftar TKDN dengan persentase lebih dari 25% pada tiap produknya mulai dari reverse osmosis, cairan kimia, hingga alat cuci dialyzer otomatis yang diproduksi di dalam negeri. Baik bahan-bahannya hingga sumber daya manusianya berasal dari dalam negeri.

PT Tirta Teknosys juga memiliki sertifikasi mutu ISO 9001: 2015, ISO 13485: 2016 yang terakreditasi KAN dan CDAKB (Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik).

Termasuk ke dalam anggota Water Quality Association sejak tahun 1989, American Water Works Association sejak 1990, GAPENSI sejak 2010, AAMI sejak 2014, GAKESLAB Indonesia dan ASPAKI sejak 2022.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi ketergantungan pada produk impor, implementasi TKDN Indonesia harus terus ditingkatkan. Diperlukan kerja sama antara Pemerintah, pelaku industri dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kapasitas teknis dan sumber daya manusia di dalam negeri, sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.

Pilih Bahasa

Choose Languange